Rabu, 06 April 2011

generasi oh generasi part 2


Regenerasi memang harusnya menjadi konsep yang mendasar dalam sebuah pergerakan yang berkesinambungan. Sungguh teramat sayang dulu ada seorang Soedirman, R.A Kartini namun saat mereka gugur, tidak ada penggantinya yang langsung siap melanjutkan perjuangan mereka. Perlu proses panjang kembali untuk menghasilkan Soedirman dan Kartini yang baru kembali.

Fenomena inipun terjadi, “banyak kader, sedikit yang mengkader”. Sepertinya terbukti dengan sulitnya menemukan kelompok halaqoh di tengah puluhan bahkan ratusan kader. Menurut ustazah Dyana, “ada unsur keduanya, mutarobbi dan murrabinya. Karena penerimaan setiap mutarrobi berbeda dan cara membina murrobinya pun harus di buat beda..”. Kembali lulusan Bimbingan dan Penyiaran Islam inipun berkata, “murrobi harus mengenal mad’unya, kenapa belum mau membina..dan segera di carikan solusinya, yang merasa kurang ilmu adakan tambahan materi-materi, yang kurang PD adakan dauroh khusus calon murrobi...”.

 “Regenerasi itu suatu proses yang pahalanya terus mengalir sampai akhir hayat bahkan hidup pada dua dunia (jasad masih di bumi, jiwa sudah di alam barzah) “ , ujar dosen Agama Islam di Politeknik Telkom ini. Memang, da’wah hendaknya menjadi sesuatu yang secara estafet semakin besar,bukan sebaliknya. Ia bergulir dari generasi ke generasi. Hingga regenerasi da’wah ini menjadi suatu keniscayaan.

Bagi semua kader yang belum membina beliau berujar “...ini pahalanya terus menerus, setiap kebaikan yang kita sampaikan lalu mad’u kita lakukkan pahalanya juga kita dapatkan tanpa mengurangi pahala yang mengamalkannya...” ,dan  “ bagi yang takut kaburomaktan , karena itu kita harus sisipkan rasa harap di sini..sama-sama belajar menjadi lebih baik bersama mad’unya..”, tambah beliau. Yah, kita semua sedang belajar menjadi lebih baik dan lebih baik, hingga kita tidak boleh merasa cepat puas dengan segala amal yang kita lakukkan, karena Allah perintahkan kita fastabiqul khairat. Lakukkan amal sebanyak-banyaknya yang kecil ataupun yang besar, karena kita tidak adakan tahu amal kita yang mana yang akan membawa kita di syurgaNya. 

Wallahualam.

info: Salah satu program unggulan 2011 adalah Peningkatan kualitas dan rekruitmen 120.000 kader baru.( Dikutip dari leaflet MUKERWIL 2011 JAWA BARAT,bandung 26-27 maret 2011)

Oleh ratri_dewi (25)


Tidak ada komentar: